11 Fakta Menarik Tentang Zynga

Bisnis permainan didunia maya ternyata tidaklah maya. Bahkan sebaliknya, bisnis tersebut sangat riil. Fulus yang bisa ditangguk pun tak main - main, walau yang dijajakan hanyalah produk virtual. Dalam tempo hanya tiga tahun Zynga berhasil mengibarkan diri menjadi perusahaan games degan nilai buku tertinggi. Zynga didirikan oleh Mark Pincus, Michael Luxton, Eric Schiermeyer, Justin Waldron, Andrew Trader, dan Steve Schoettler. Sang Pelopor Industri Permainan Jejaring Sosial ini berkantor Pusat di San Francisco, Amerika Serikat.

Berikut 11 fakta menarik tentang Zynga:

1. Kata Zynga diambil dari nama anjing Mark Pincus, yang sayangnya sudah mati, tetapi hidup sebagai logo perusahaan. Logo dari Zynga adalah anjing, yang menghiasi hampir seluruh tembok di kantor Zynga.


2. Mark Pincus berasal dari keluarga yang menyukai persaingan, mereka sangat menyukai permainan “Trivial Persuit” sehingga mereka tidak menggunakan papan permainannya tetapi hanya “membaca kartu” masing-masing. Pincus merindukan interaksi sosial saat bermain game online sehingga menciptakan Zynga, perusahaan social game. Motto dari zynga yakni "CONNECTING THE WORLD THROUGH GAMES" juga sepertinya diambil dari pemikiran Mark Pincus tersebut.


3. Setiap hari di Zynga adalah “bawa anjingmu saat kerja”. Sehingga konsekuensinya banyak anjing berkeliaran di kantor.


4. Tema anjing bahkan berkembang sampai ke nama network wifi perusahaan, yang diberi nama “puppynet”.

5. Kantor pusat Zynga berada di Potrero Hill, San Fransisco, dimana banyak perusahaan-perusahaan besar teknologi yang lebih dulu berbasis “dotcom” mengalami kebangkrutan di awal tahun 2000 dan pindah dari sana. Sekarang berkembang dan menandatangani sewa lahan berdurasi 7 tahun seluas 270.000m2.


6. Di tahun 2010, perusahaan memiliki 850 pegawai, membawahi total lebih dari 130.000 orang, selama 3 tahun setelah Zynga berdiri.


7. 80% dari pengembangan game terjadi setelah game tersebut diluncurkan. Sebuah tim monitor melihat bagaimana pemain bereaksi atas fitur game tersebut dan memberikan masukan kepada pengembangan secara langsung. Tidak seperti video game tradisional, pemain dapat terus menambahkan fitur-fitur baru untuk pengembangan game, selamanya. Game dibuat secara spesifik untuk tidak mempunyai akhir.

8. Sebelum sebuah game baru diluncurkan, semua pekerja di Zynga pulang kerumah dan tidur selama sepekan, karena mereka hampir tidak pernah tidur selama sebulan karena masukan dari pemain “hampir tidak pernah berhenti”.

9. Mark Pincus menginginkan “Zynga” menjadi sebuah kata kerja untuk “bermain (play)”, seperti Google menjadi kata kerja untuk search, online. Impian yang sepertinya dapat menjadi kenyataan, mengingat kesuksesan luar biasa yang di capai oleh Zynga hingga saat ini.

10. 33 Juta orang di seluruh dunia telah mengunduh Farmville, game Zynga paling populer sampai saat ini, dan ada 60 juta pemain aktif. 500 juta hektar lahan pertanian telah ditanami selama 15 bulan. Tapi yang mengejutkan terjadi di awal tahun 2011 ini Kedigdayaan Farmville telah dilewati oleh Game Zynga terbaru yakni Cityville, dan menjadikannya sebagai Facebook Game Paling banyak di mainkan saat ini. bahkan untuk aplikasi facebook secara umum yang di gunakan oleh semua orang di seluruh dunia, Cityville juga menduduki peringkat teratas. sebuah pencapaian yang luar biasa untuk aplikasi yang belum genap berumur 2 bulan.

11. Pengembang game populer, Zynga, telah membeli situs browser sosial, Flock. Web browser Flock membolehkan pengguna untuk mem-browse website sekaligus masih terkoneksi dengan platform jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Digg dan YouTube.

"Jika Berkenan, Silakan KLIK tombol SHARE ini agar sahabat Anda dapat membaca artikel ini, Salam"


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More