Alasan Kenapa Alkohol Lebih Berbahaya Bagi Perempuan

Telah lama diketahui bahwa perempuan lebih cepat dipengaruhi alkohol dibandingkan laki-laki.

Selain lebih cepat mabuk dibandingkan pria, perempuan juga lebih rentan terhadap penyakit yang berhubungan dengan alkohol?

Sebenarnya, alkohol dimetabolisme oleh hati pada tingkat yang sama di kedua jenis kelamin.

Walaupun kebanyakan dari kita berpikir wanita mabuk lebih cepat karena mereka bertubuh kecil dan membawa lebih banyak lemak, sebenarnya ini bukan alasan yang benar.

Alasan sebenarnya adalah bahwa mereka menyimpan air lebih sedikit dalam tubuh mereka. Seorang pria biasanya terdiri dari 65 persen air dan wanita 55 persen.

Dr Marsha Morgan, dari University College London Medical School, menjelaskan: "Alkohol diserap ke dalam darah dan kemudian dibawa ke dalam air di sel. Karena tubuh wanita memiliki air lebih sedikit dibandingkan pria, konsentrasi darah mereka lebih tinggi kandungan alkoholnya setelah minum dengan jumlah yang sama.

Jadi hati wanita tidak lebih sensitif terhadap alkohol dari hati laki-laki, tetapi konsentrasi alkohol yang mencapai hati seorang wanita akan sangat jauh lebih tinggi, dan hatinya akan rusak jauh lebih cepat.

Jika seorang pria dan wanita dari berat sama diberi dosis alkohol yang sama, kadar alkohol darah pada wanita akan menjadi sekitar sepertiga lebih tinggi. Seorang pria dengan berat 65kg akan memiliki tingkat alkohol darah yang sama dengan wanita 65kg yang minum triple gin dua kalinya, kata Dr Morgan.

Ia mengatakan meningkatnya insiden perempuan muda melaporkan masalah hati bisa mencerminkan kenyataan bahwa pola-pola minum perempuan telah menjadi seperti pria.  (Dailymail.com)

"Jika Berkenan, Silakan KLIK tombol SHARE ini agar sahabat Anda dapat membaca artikel ini, Salam"


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More