Inilah Bor Gigi Bersuara Indah


















Bising dan bikin ngilu. Itulah suara dari bor gigi. Tapi, bor gigi Dhanni Gustiana sungguh berbeda. Dokter gigi di Rumah Sakit Umum Pusat Sardjito Yogyakarta ini membuat inovasi dengan menciptakan bor gigi bersuara indah."Bahkan pasien bisa request lagu kesayangan,"kata Dhanni Gustiana, pencipta bor unik ini.

Dhanni, yang lulusan Universitas Jember, menjelaskan suara merdu itu keluar dari mikro speaker yang ditaruh di ruang kosong bor itu. “Suara bising yang ditimbulkan bor yang mencapai 85 desibel dihilangkan, diganti dengan lagu-lagu dari Mp3,” kata dokter gigi berusia 36 tahun ini.

Agar pasiennya lebih nyaman, dia memodifikasi ujung bor dalam bentuknya yang lebih menarik. “Kamuflase alat membuat anak-anak tidak takut lagi dengan dokter gigi, pasien pun semakin bertambah,” katanya.

Alat yang diberi nama Singing Dental Drill dan Finger Dental Drill ini merupakan pengembangan yang telah dilakukan sejak 2006. Satu rangkaian alat bor gigi, menurut Dhanni menghabiskan uang Rp 6 juta.

Meskipun kini sudah banyak dipakai bor laser tapi menurut Dhanni, bor jenis itu belum bisa sepenuhnya berfungsi seperti bor konvensional. Itulah yang mendorong dia membuat bor yang bernyanyi.

Bor gigi buatan Dhanni telah mendapatkan paten. Penghargaan pun sudah mampir untuk kreativitasnya ini. Salah satunya, penghargaan dari International Congress of Pediatric Dentistry Athena Yunani 2011.

"Jika Berkenan, Silakan KLIK tombol SHARE ini agar sahabat Anda dapat membaca artikel ini, Salam"


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More