Peterpan Syndrome

Pria yang ‘menolak‘ menjadi dewasa.

Peterpan, adalah nama dari tokoh dongeng anak – anak. Peterpan memang digambarkan sebagai pemuda ABG yang ‘menolak’ menjadi dewasa karena tidak mau kehilangan keindahan masa kanak – kanaknya.

Bila seorang pria bersikap kekanakan pada usia dewasa, maka pria itu mengidap Peterpan Syndrome. Biasanya mereka memiliki kecenderungan tidak bertanggung jawab, sulit berkomitmen, senang menentang aturan atau norma, mudah marah atau mutung bila keinginannya tidak terpenuhi, tidak mandiri, selalu merasa benar, cenderung manipulatif, dan bersikap Narsis (terlalu mencintai diri sendiri).

“Surga masa kecil” yang memiliki kesan yang mendalam terhadap alam tidak sadar seseorang, sehingga setelah dewasa dia selalu berusaha mempertahankan surga tersebut bila berhubungan dengan orang lain. Terkadang sering menjadi ‘gangguan’ bagi orang yang berhubungan dengan mereka - mereka ini.

Karena belum ditemukannya penelitian secara klinis maka sejauh ini yang di salahkan adalah pola asuh semasa kanak – kanak. Misalkan, kalau anak melakukan kesalahan orang tua (biasanya ibu) selalu membelanya.

Bagaimana komentar anda?

Sumber dari majalah "Health"

"Jika Berkenan, Silakan KLIK tombol SHARE ini agar sahabat Anda dapat membaca artikel ini, Salam"


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More